ppid@dkpp.go.id 1500101

10 TAHUN DKPP, SEKJEN KEMENDAGRI: PEMERINTAH BERTERIMA KASIH

Jakarta, DKPP – Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri), Suhajar Diantoro mengatakan bahwa pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Republik Indonesia (DKPP RI).

Hal ini disampaikan Suhajar saat mewakili Menteri Dalam Negeri memberikan sambutan dalam kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 DKPP di Ruang Sidang DKPP, Jakarta, Senin (13/6/2022).

“Bapak Menteri Dalam Negeri menyampaikan salam sekaligus apresiasi dan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan DKPP yang telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam rangka menjaga integritas penyelenggara pemilu di Indonesia,” kata Suhajar.

Merujuk pada pernyataan Ketua DKPP periode 2012-2017, Prof. Jimly Asshidiqie, Suhajar mengungkapkan bahwa DKPP hanya ada di Indonesia. Menurutnya, penggunaan norma etika dalam sebuah negara demokrasi dapat menjadi inspirasi pemerintah dalam membuat kebijakan di masa depan.

Suhajar juga mengatakan peran DKPP menjadi sangat penting dalam pengembangan demokrasi nasional, khususnya dalam menjamin terlaksananya pemilu yang mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, keterbukaan profesionalitas, profesional, akuntabel, efisien, efektif, serta independen dan tidak bisa diintervensi oleh pihak mana pun.

Tak hanya itu, Suhajar juga menyebut jika Kemendagri sangat menghargai berbagai pencapaian yang telah diraih DKPP. Menurutnya, DKPP telah berhasil menciptakan sistem penegakan kode etik yang terbuka, transparan dan akuntabel.

“Hal ini dapat menjadi brenchmark yang dapat dicontoh oleh lembaga negara lainnya,” katanya.

Sebagai institusi yang menjalankan fungsi sebagai lembaga peradilan, lanjut Suhajar, DKPP juga telah berhasil menciptakan sistem dan mekanisme persidangan yang memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.

“Ini juga pemerintah berterima kasih,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DKPP RI, Prof. Muhammad menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemendagri karena telah mendukung DKPP dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Menurut Muhammad, Mendagri Tito Karnavian telah menunjukkan komitmennya yang selaras antara ucapan dengan tindakan.

“Tidak pernah DKPP tidak dibuat susah oleh Pak Menteri,” kata Muhammad.

Untuk diketahui, DKPP mengundang sejumlah pihak dalam Peringatan HUT ke-10 DKPP di Ruang Sidang DKPP, Jakarta, Senin (13/6/2022). Selain Suhajar yang mewakili Kemendagri, hadir Pimpinan dan Sekjen Bawaslu RI, Anggota KPU RI, August Mellaz dan Yulianto Sudrajat, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, dan Ketua DKPP periode 2012-2017, Prof. Jimly Asshidiqie. [Humas DKPP]