ppid@dkpp.go.id 1500101

KETUA DKPP: PEMERINTAH HARUS DUKUNG KPU DAN BAWASLU UNTUK PEMILU 2024

Jakarta, DKPP – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Prof. Muhammad menyampaikan pandangannya terhadap usulan pemerintah terkait jadwal Pemilu serentak Tahun 2024.

Menurut Muhammad, usulan pemerintah masih sangat mungkin dapat direalisasikan dan dilaksanakan. Kendati demikian, ia memberikan sedikit catatan terhadap usulan itu.

“DKPP sangat berharap kepada pemerintah untuk memberi dukungan maksimal kepada KPU dan Bawaslu jika opsi 15 Mei ini bisa diterima,” kata Muhammad dalam Rapat Penyusunan Konsep dan Desain Pemilu Serentak Tahun 2024 di Jakarta, Selasa (5/10/2021) malam.

Muhammad menuturkan, ia setuju dengan pernyataan Ketua KPU RI, Ilham Saputra dan Ketua Bawaslu RI, Abhan, yang membutuhkan dukungan yang sangat serius dari pemerintah untuk menjalankan opsi tersebut.

Untuk diketahui, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri mengusulkan agar Pemilu serentak Tahun 2024 diadakan pada 15 Mei 2024 untuk pemilu nasional.

Dalam kesempatan ini, Muhammad pun mengapresiasi KPU dan Bawaslu yang telah melakukan simulasi ulang Pemilu Tahun 2024 untuk menyesuaikan dengan usulan pemerintah.

“KPU sudah punya pengalaman menyelenggarakan pemilu dari periode ke periode. Sudah terlatih teman-teman KPU ini dengan berbagai tantangannya, termasuk pilkada,” ungkapnya.

Selain Muhammad, perwakilan dari DKPP dalam rapat ini adalah Anggota DKPP, Dr. Ida Budhiati dan Plt. Sekretaris DKPP, Yudia Ramli. [Humas DKPP]