ppid@dkpp.go.id 1500101

JELANG HUT KE-10, DKPP BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA SEJUMLAH PIHAK

Jakarta, DKPP – Menjelang usianya yang ke-10 dan menjelang berakhirnya kepemimpinan periode 2017-2020, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang berkontribusi terhadap eksistensi DKPP.

Pemberian penghargaan dilaksanakan dalam kegiatan Pemantapan dan Optimalisasi Kinerja Sekretariat DKPP RI yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama DKPP, Jakarta pada Senin (6/6/2022).

Ketua DKPP, Prof. Muhammad menyampaikan dalam periode 2017-2022 banyak sekali kekurangan. Tetapi di setiap putusan dan kebijakan yang diambil dipastikan yang terbaik untuk penyelenggara, pemilu, dan demokrasi.

“Tidak terasa lima tahun kami di DKPP, banyak kurangnya tetapi kami terus berusaha yang terbaik. Termasuk putusan DKPP, yang tentu ini akan menjadi pembelajaran yang terbaik bagi semua,” ujar Muhammad.

Hubungan DKPP dengan KPU dan Bawaslu, sambung Muhammad, terjalin erat melalui forum tripartit. Forum ini menjadi jembatan bagi ketiga lembaga penyelenggara pemilu dalam menyelesaikan persoalan kepemiluan.

“Terima kasih kepada stakeholder strategis DKPP yaitu Kementerian Dalam Negeri. Alhamdulillah komunikasi kami dengan Menteri Dalam Negeri dan Sekertaris Jenderal tidak pernah putus,” lanjutnya.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menyampaikan apresiasi terhadap kinerja DKPP selama 10 tahun ini, termasuk di era kepemimpinan periode 2017-2022. Rahmat Bagja pernah menjadi Anggota DKPP ex officio Bawaslu pada tahun 2019-2020.

Dignity (martabat) pemilu ke depan yang akan kita hadapi ada di tangan DKPP, oleh karena itu kita akan terus mendukung DKPP,” terangnya.

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari menyampaikan terima kasih kepada DKPP atas penghargaan yang diberikan kepadanya sebagai bentuk penghormatan kepada pribadi maupun lembaga. Diketahui, Hasyim adalah Anggota DKPP ex officio pada 2017-2020.

“Ini merupakan tradisi yang sangat baik kepada saya yang pernah di DKPP,” tegasnya.

Sekertaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro menegaskan akan terus mendukung DKPP sebagai lembaga penegak kode etik bagi penyelenggara pemilu. Baik dari segi organisasi, sumber daya manusia, maupun anggaran.

“Masih banyak yang harus dikoordinasikan dengan DKPP yang bersifat keuanga, organisasi, dan keuangan dengan tidak mencampuri urusan DKPP,” pungkasnya.

Sebagai informasi, penghargaan diberikan DKPP kepada Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Sekjen Kemendagri, Sekjen KPU, dan Sekjen Bawaslu. (Humas DKPP)

You a